23/02/13

hal – hal yang dapat menyebabkan spreadsheet excel sangat lambat

Banyak sekali hal – hal yang dapat menyebabkan spreadsheet excel sangat lambat. Kadang – kadang membutuhkan waktu yang lama untuk menyimpan atau bahkan pindah cell saja lama.

Di bawah ini beberapa hal yang menyebabkan excel lambat


Hidden object. Sering kali file excel terdapat object yang tersembunyi dari user sebelumnya. Tekan F5 >> Go to kotak dialog akan keluar >> tekan special >> pilih object >> tekan ok, object akan dicari lalu delete objectnya, ulangi untuk semua sheet.

Masalah jaringan. Jika spreadsheet di akses lewat jaringan(local) masalah jaringan dapat menyebabkan lambatnya penyimpanan.

Macros / VBA code. Jika rekan - rekan menggunakan macros(atau visual basic) pastikan agan2 mematikan yang tidak perlu, atau macros yang menjalankan perhitungan yang kurang perlu.

Animasi. Cobalah untuk men-disable animasi. 2003 : Tools >> Options >> Edit >> matikan “Provide feedback with animation”. 2007: Excel Button >> Excel Options >> Advanced >> General >> “Provide feedback with animation” (uncheck).

Conditional Formatting rules yang berganda. Conditional formatting dapat menjadi tugas yang intensive oleh processor rekan - rekan jika rekan - rekan tidak mengaturnya dengan baik.

jika ada yang lain selain diatas, ayo kita saling membantu dengan berkomentar pada postingan ini, arigatou :D



Related Articles: